prakerin



CONTOH LAPORAN PRAKERIN UNTUK TKJ

berikut ini merupakan CONTOH LAPORAN PRAKERIN UNTUK TKJ
jika ingin mendapatkan filenya dalam bentuk .DOC 
silahkan download filenya dengan  klik disini

semoga bemanfaat
 ------OOooOO------












LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)



                 DISUSUN OLEH             :   RUDIANTO
                 Kelas                                  :   XI B TKJ
     No Induk                           :  13310 337 TKJ
                 Program Keahlian             :   Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)


PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN PONOROGO
DINAS PENDIDIKAN
YAYASAN SMK AL-INABAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Jln.Tunggal Asri 77 Bareng Babadan Ponorogo Telp.(0352) 48296








LEMBAR PENGESAHAN


NAMA SEKOLAH              :  SMK AL-INABAH
BIDANG KEAHLIAN        :  TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM KEAHLIAN   :  TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
NAMA PESERTA               :  RUDIANTO







           Ponorogo, 12 Januari 2012



Mengetahui



DU/DI Pemberi Order





RUDI MASTUDI ANTO
Guru Pembimbing





ASTU SASONGKO EKANTO S.Pd



Mengetahui
Kepala Sekolah



RUSLAN THOHIRIN, S.Ag,M,Si











KATA PENGANTAR

         Puji syukur Kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk, rahmat, dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) tanpa ada halangan apapun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman dan ilmu yang saya peroleh selama melaksakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
         Laporan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang telah saya tulis ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas dari sekolah dan sebagai bahan pertanggung jawaban atas kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Dunia Usaha Dan Industri (DU / DI). Saya menyadari bahwa laporan ini tidak akan tersusun dengan baik tanpa adanya bantuan dari pihak-pihak terkait. Oleh karena itu, pada kesempatan ini tidak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya dalam PRAKERIN maupun dalam saya menyusun laporan ini, antara lain:

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada:
1.  Bapak Ruslan Thohirin S,Ag.Msi Selaku Kepala sekolah SMK AL-INABAH.
2.  Bapak Astu Sasongko Ekanto selaku pembimbing di ISTANA Komputer ponorogo yang telah bersedia menerima kami untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) selama 3 bulan dan membantu kami dalam melaksanakan kegiatan di ISTANA Komputer Ponorogo.
3.  Bapak Rudi Mastudi Anto selaku pimpinan sekaligus pembimbing di ISTANA Komputer Ponorogo yang telah memberi kesempatan selama 3 bulan dan telah memberikan fasilitas guna melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan membatu dalam melaksanakan kegiatan di ISTANA Komputer.
4.  Orang tua yang selalu setia mendorong dan memotivasi selama penyusun Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
5.  Teman-teman yang setia membatu dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini.
6.  Dan semua pihak yang telah ikut serta memberiakan bantuan dan dorongan dalam proses penyelesaian laporan ini.

 Saya sadar bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan, demi kesempurnaan laporan ini. Akhir kata saya mohon maaf apabila dalam laporan ini banyak kesalahan. Semoga bermanfaat bagi saya sendiri dan bagi pembaca. Amin

Ponorogo, 12 Januari 2012
Penyusun


RUDIANTO
















MOTTO


Ø “Kesuksesan terlihat bukan dari hasilnya, akan tetapi dilihat dari proses ”

Ø " Terjatuh bukanlah suatu hambatan untuk meneruskan langkah "

Ø  “ Mulailah langkah-langkah yang biasa kamu lakukan”

Ø “Kesehatan selalu tampak lebih berharga setelah kita  kehilangannya.




















DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .........................................................................................
 HALAMAN PENGESAHAN............................................................................
 MOTTO...............................................................................................................
 DAFTAR ISI ......................................................................................................
BAB Ι   : PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang................................................................................
          B. Maksud dan tujuan.........................................................................
          C. Tempat dan Waktu Prakerin...........................................................

BAB ΙΙ  : LAPORAN KEGIATAN
   A. Profil DU/DI...................................................................................
  B. Rencana Kegiatan di DU/DI..........................................................
  C. Pelaksanaan Kegiatan di DU/DI.....................................................      
  D. Laporan Hasil Kegiatan..................................................................
  E. Faktor Pendukung dan Penghambat ..............................................

BAB ΙΙΙ : PENUTUP
            A.Kesimpulan.....................................................................................
            B.Saran-saran......................................................................................
            C.Kesan dan Pesan.............................................................................

DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN .....................................................................................
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................



BAB Ι
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
    Perlu disadari bahwa sampai sekarang lulusan SMK belum dapat diserap langsung oleh pihak dunia usaha maupun industri. Secara kasat mata terbukti hampir setiap dunia usaha / industri ketika merekrut tenaga jerja lulusan SMK masih menerapkan Pendidikan dan Pelatihan bagi yang telah lulus seleksi penerimaan karyawan rata – rata 3 (tiga) bulan. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan yang dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak usaha/industri. Jika kita kaji secara seksama, kita tidak dapat menyalahkan pihak dunia usaha/industri. Memang pada kenyataannya masih banyak SMK yang sangat minim peralatan praktek.Sehingga peserta diklat yang harusnya porsi pembelajaran praktek idealnya 70 % hanya dapat dilaksanakan 30 % saja. Bahkan ada beberapa SMK yang tidak memiliki sama sekali peralatan praktek, dalam pelaksanaan peserta diklat hanya dapat berangan – angan dengan teori saja tidak dengan peralatan kenyataan yang sebenarnya. SMK yang peralatan praktek cukup memadai, belum tentu peralatan itu sesuai dengan yang ada di industri /usaha. Sekarang peralaatan di dunia usaha / industri sudah serba otomatis,  sedangkan peralatan yang ada di SMK – SMK masih manual.
    Sehingga pelaksanaan praktek hanya sekedar mengenal peralatan yang ada, kurang memperhatikan kebutuhan di dunia industri/usaha, itu pun tidak semuanya dapat memanfaatkan secara maksimal. Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitiaan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata – mata diukur oleh pengguasaan unsur pengetahuan dan teknik  bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik.
    Penggunaan unsur ilmu pengetahuan dan teknik kerja dapat dipelajari disekolah, namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak dapat diajarkan tetapiharus dikuasai melalui pembiasaan dan internalisasi. Untuk kiat yang menjadi faktor utama penentu kadar keahlian professional seseoarang, hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Karena itulah tumbuh suatu aturan keahlian professional berdasarkan jumlah pengalaman kerja. Mata diklat praktek kejuruan yang disajikan di sekolah biar pun menggunakan peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya hanya mampu menyajikan proses dan situasi peniruan (simulasi), karena bukan situasi yang sesungguhnya.









A.    MAKSUD DAN TUJUAN
  1. Maksud Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
Adapun maksud dilaksanakanya praktek kerja industri (prakerin) Adalah:
a.       membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja.
b.      Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja.
c.       Memperluas dan memantapkan proses pemantapan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah maupun sebaliknya.
d.      Diharapkan dari hasil penulisan ini nantinya dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada perusahaan/instansi dalam mengambil dalam kebijakan dimasa yang akan datang.
e.       Memantapkan sikap profesional yang diperlukan siswa dalam memasuki dunia kerja sesuai dengan bidangnya.
  1. Tujuan
a.       Pelaksanaan kegiatan prakerin :
1)   Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2)   Memperkokoh kerja sama antara sekolah dengan dunia kerja.
3)   Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
4)   Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
5)   Siswa mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapatkan di sekolah dan diterapkan pada Dunia Usaha.

b.      Tujuan Penyusunan Laporan Setelah melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah:
1)   Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti       Praktek Kerja   Industri.
2)   Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan Sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan PRAKERIN.
3)   Menambah perbendaharaan perpustakaan Sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
4)   Sebagai bukti bahwa siswa telah melakukan praktek yang di lakukan di DU/DI (Dunia Industri).
5)   Sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional. Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti praktek di dunia Usaha/Industri.
                 
B.     TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN PRAKERIN
1.    Adapun penepatan ataupun lokasi praktek kerja industri atau prakerin yang terdapat di berbagai took dan perusahaan / instansi di kawasan Ponorogo salah satunya ISTANA KOMPUTER yang berlamatkan di Jln. Budi Utomo No.2 barat UNMUH Ponorogo dengan Telp.(0352) 7112196.
2.    Waktu pelaksanaan praktek kerja industri atau prakerin untuk SMK AL-INABAH adalah 3 Bulan yaitu mulai Tanggal 12 September sampai dengan penarikan kembali ke sekolah pada Tanggal 12 Desember 2011.  







BAB II
LAPORAN KEGIATAN

A.    PROFIL DU/DI
1.      Sejarah berdirinya
Berdirinya toko tempat kami PRAKERIN ini berawal dari keinginan sang pemilik toko yang bernama Bapak Rudi Mastudi  Anto mendirikan sebuah usaha yang bisa selalu eksis walaupun dunia ini terus berkembang, dengan pemikiran yang matang akhirnya dipilihlah usaha yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi berupa usaha jual beli komputer dan laptop, pemasangan jaringan dan pelayanan servis komputer. Sehingga tepat pada tanggal 1 Februari 2005 toko tempat kami PRAKERIN ini didirikan dan diberi nama ISTANA KOMPUTER yang bertempat di Jln. Budi Utomo No.2 Ponorogo. Dengan seorang pegawai yang bernama Endra Louky Nugroho. Toko ini menjalin kerja sama dengan berbagai toko komputer yang ada di ponorogo antara lain: Surya Utama komputer, Metro Komputer,ARC Komputer dll. Awalnya toko yang kami tempati hanya ada satu toko saja. tetapi seiring berputarnya waktu dan melihat keuntungan yang diperoleh begitu menjanjikan, akhirnya dibukalah satu cabang lagi yang bergerak dalam bidang warnet yang beralamatkan di Jln. Ponorogo-Madiun tepatnya timur SMA N 3 Babadan Ponorogo.

2.      Visi dan Misi Perusahaan
         Layaknya perusahaan pada umumnya yang mempunyai misi dan visi perusahaannya, toko yang kami tempati pun mempunyai visi dan misi yang diharapkan dengan adanya visi dan misi tersebut, toko ini dapat bersaing di dunia usaha yang dijalaninya. Visi dan misinya antara lain adalah sebagai berikut:


a.      Visi
1)      Ikut serta memajukan teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia.
2)      Meningkatkan minat beli dan memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan dengan setulus hati.

b.      Misi
1)      Selalu meng Up Date produk lama dengan produk yang baru.
2)      Berusaha memenuhi segala kebutuhan konsumen.
3)      Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.
4)      Siap bersaing dengan baik.

B.     RENCANA KEGIATAN di DU/DI
1.  Melakukan instalasi windows 7                      
C.    PELAKSANAAN KEGIATAN di DU/DI
     >>>>>>>  isi sendiri



D.    LAPORAN HASIL KEGIATAN di DU/DI
Laporan kegiatan secara berkala :

TANGGAL
KEGIATAN
12-17 September 2011
-          Adaptasi diri dan pengenalan DU/DI
-          Cek barang yang baru masuk
-          Install windows 7
-          (mouse, keybord, speaker, (stavolt)
-          Troubleshooting PC
19-24 September 2011
-          Menambah program aplikasi PC
-          Repair windows
-          Perbaikan windows + pasang driver
-          Mengatasi hard disk yang tidak detek
26 September – 1 Oktober 2011
-          Mengantar CPU
-          Perbaikan Windows
-          Menginstal Windows XP
-          Mendata barang paketan
-          Mengganti memory
3 - 8 Oktober 2011
-          Di liburkan karena mengikuti UTS di SMK
-          Menginstal Office 2007
-          Repair windows
-          Menambah aplikasi, scurity dan utility
-          Restore komputer
10 -15 Oktober 2011
-          Trouble shooting PC
-          Ganti RAM
-          Menginstal windows
-          Mengetik brosur
-          Scan virus
-          Ganti power supply
17-22 Oktober 2011
-          Ceking monitor
-          Running PC
-          Penyampaian materi oleh teknisi
-          Mengganti power supply
-          Update antivirus Avira
24-29 Oktober 2011
-          Cek hard disk
-          Ambil CPU
-          Update anti virus Smadav
-          Antar CPU
-          Membersihkan bagian dalam kard ridge
-          Running PC
-          Troubleshooting CPU
31Oktober – 5 November 2011
-          Perbaikan windows
-          Install driver axioo
-          Antar CPU
-          Download anti virus Avira
-          Mengatasi hard disk yang tidak detek
-          Menambah program aplikasi
7-12 November 2011
-          Scan virus
-          Trouble shooting PC
-          Repair windows
-          Download driver laptop
-          Menginstal windows
-          Mendata barang paketan
14-19 November 2011
-          Troubleshooting
-          Perbaikan windows
-          Troubleshooting PC
-          Perbaikan PC
-          Cek hard disk
-          Mengatasi hard disk yang tidak detek
21-26 November 2011
-          Troubleshooting PC
-          Perbaikan PC
-          Membersihkan bagian dalam kard ridge
-          Ceking beberapa monitor yang baru datang
-          Cek VGA card
-          Mengatasi hard disk yang tidak detek
28 November – 3 Desember 2011
-          Troubleshooting PC
-          Perbaikan PC
-          Perbaikan windows
-          Merakit PC
-          Perbaikan windows
-          Cek monitor+mouse+keyboard
-          Pembesihan kardge ridge
5-12 Desember 2011
-          Menambah aplikasi
-          Menginstal Windows 7
-          Mengecek memori
-          Download anti virus Avira
-          Mengecek MB
-          Download driver sound







A.    FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT
        Baik yang diadakan di dalam (inter) maupun yang di luar (ekstern) maka tak akan lepas dari segala faktor baik penghambat ataupun pendukungnya, karena bagaimanapun juga kedua hal tersebut akan selalu ditemukan dan dihadapi.

1.    Faktor Pendukung
a.       Fasilitas atau pun peralatan untuk belajar ada.
b.    Bimbingan kepada peserta prakerin baik dari pihak sekolah maupun   dari pihak Industri/ Perusahaan penuh perhatian.
c.    Dari pihak Industri memberikan pengarahan serta kemudahan dalam belajar.

2.    Faktor Penghambat
a.    Fasilitas yang di sediakan terbatas dan kurang memadai.
b. Dalam penginstalan banyak CD yang rusak sehingga harus   mendowload dan memburning yang baru.







BAB III
PENUTUP

A.   KESIMPULAN
         Setelah pelaksanaan proses serta interaksi dengan proyek produksi kegiatan Prakerin, maka penulis dapat menyimpulkan beberapa hal antara lain:
1.    Kegiatan Prakerin merupakan kegiatan yang positif bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) karena dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi siswa.
2.    Kegiatan Prakerin merupakan kesempatan yang sangat memberikan ruang kepada siswa SMK untuk mengembangkan kemampuan sesuai  dengan kompetensi masing-masing.
3.    Kegiatan Prakerin memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi siswa SMK untuk menunjukkan kemampuannya pada dunia industri atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang kompeten di bidang teknologi informasi
4.    Kegiatan Prakerin merupakan media promosi kemampuan siswa SMK sebagai tenaga kerja yang matang dalam menyongsong dunia kerja.

B.   SARAN-SARAN
  Setelah melaksanakan proses pembuatan Laporan Prakerin, maka penyusun mempunyai beberapa saran yang ingin disampaikan kepada pihak sekolah dan instansi selaku pihak yang terkait langsung dengan pelaksanan kegiatan Prakerin, antara lain sebagai berikut:
1.    Kegiatan melaksanakan Prakerin ini merupakan kegiatan yang positif bagi semua pihak baik untuk mengembangkan kemampuan individu maupun sebagai sarana untuk menilai sejauh mana keberhasilan sekolah dalam menyiapkan siswanya untuk diterjunkan ke dunia kerja, sehingga perlu ditingkatkan baik dari segi struktual maupun operasional.
2.    Sekolah hendaknya membekali ilmu-ilmu dasar yang banyak diaplikasikan di dunia industri sehingga pada saat siswa melaksanakan kegiatan prakerin, siswa tidak banyak menghadapi kendala yang berhubungan dengan materi akademis, yang pada kenyatan siswa masih dibingungkan dengan masalah yang dihadapi di dunia usaha.
3.    Sekolah hendaknya memperbanyak frekuensi bimbingan dan pengawasan kegiatan prakerin.
4.    Sekolah hendaknya merencanakan program tidak lanjut dari kegiatan prakerin sebagai media promosi kemampuan dan kompetensi siswa.

C.   KESAN DAN KESAN
 Kesan dan pesan saya selama prakerin di ISTANA KOMPUTER adalah
Kesan:
1.    Perpisahan bukan akhir dari segalanya tapi awal dari sebuah perjalanan, perjuangan kita masih panjang.
2.    Selama saya prakerin di ISTANA KOMPUTER ini saya telah memperoleh banyak ilmu bermanfaat yang di sekolah belum saya dapatkan seperti:
a.    Merakit PC.
b.    Menginstal windows 7.
c.    Servis hardware dan software.
Pesan:
Selama saya prakerin di ISTANA KOMPUTER ini pesan saya adalah:
1.    Semoga hubungan antara pembimbing, karyawan dan staf – staf  ISTANA  Komputer dengan siswa prakerin ini dengan baik.
2.    Semoga SMK Al – Inabah ini dapat mengembangkan ilmu yang lebih banyak lagi untuk para siswa PRAKERIN yang akan datang,
Walau kebersamaan ini terdinding ruang pemisah tapi, biarlah cerita kita kan menjadi sebuah  kisah  klasik di masa depan, yang tak pernah tekikis waktu dan takkan  pudar terkikis usia zaman. Dan yakinlah bahwa semua itu akan  indah pada waktunya.  Amin.



DAFTAR PUSTAKA









0 komentar:

Posting Komentar